Sinurat, Doksen (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BANTUAN POWER POINT PADA MATERI KESEBANGUNAN DI KELAS IX SMP NEGERI 3 MEDAN T.A 2016/201. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122111026. COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4122111026. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3. NIM. 4122111026. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 4122111026. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4122111026. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
6. NIM. 4122111026. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4122111026. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 4122111026. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4122111026. BAB I.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
13. NIM. 4122111026. BAB V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
14. NIM. 4122111026. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Lemahnya kualitas pengajaran yang disajikan guru menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, sehinga salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media power point. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media power point pada materi kesebangunan di kelas IX-G SMP Negeri 3 Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G yang berjumlah 38 siswa. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media power point. Instrumen penelitian ini melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan observasi. Soal tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian, setiap siklus dilakukan satu kali tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari empat soal.
Berdasarkan dari analisis data tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah pada siklus I adalah cukup dengan skor rata-rata kelas 67,81 dengan 12 siswa dari 38 siswa (31,58%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah masuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata kelas 82,13 dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 89,47%. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah tuntas dalam belajar, terdapat 8 siswa (21,05%) yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah sangat baik, sebanyak 18 siswa (47,38%) siswa dengan tingkat penguasaaan baik, sebanyak 3 siswa (7,89%) dengan tingkat penguasaan buruk, dan 1 siswa (2,63%) dengan tingkat penguasaan sangat buruk.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan kesebangunan di kelas IX-G SMP Negeri 3 Medan. sehingga pembelajaran dengan model pembelajaran Berbasis masalah dengan bantuan media power point ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 132 |
Keywords: | Media Pembelajaran Power Point; Matematika; Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 04:39 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20889 |