Sinaga, Anita (2016) TINDAK TUTUR DAN PRINSIP KESANTUNAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA SMA NEGERI 1 SIMANINDO. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136191001 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 8136191001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
3. NIM. 8136191001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 8136191001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM. 8136191001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 8136191001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 8136191001 TABLE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM. 8136191001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
12. NIM. 8136191001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
13. NIM. 8136191001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Tesis ini menganalisis Tindak Tutur dan Prinsip Kesantunan dalam Proses Pembelajaran Siswa SMA Negeri 1 Simanindo. Latar belakang dalam tesis ini adalah karena kurangnya nilaikesopanan Siswa SMA Negeri 1 Simanindo dalam berkomunikasi. Adapun rumusan masalah dalam tesis ini adalah apa tindak tutur yang dilakukan oleh Siswa SMA Negeri 1 Simanindo dalam kegiatan pembelajaran di kelas, Bagaimana penggunaan tindak tutur yang dilakukan oleh Siswa SMA Negeri 1 Simanindo dalam kegiatan pembelajaran di kelas, Mengapa tindak tutur tersebut perlu dilakukan oleh Siswa SMA Negeri 1 Simanindo dalam kegiatan pembelajaran di kelas .Tujuan dari tesis ini adalah untuk mendeskripsikan tindak tutur yang dilakukan oleh Siswa SMA Negeri 1 Simanindo dalam kegiatan pembelajaran di kelas,mendeskripsikan penggunaan tindak tutur yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 1 Simanindo dalam kegiatan pembelajaran di kelas, mendeskripsikan tujuan tindak tutur tersebut dilakukan oleh Siswa SMA Negeri 1 Simanindo dalam kegiatan pembelajaran di kelas Dari penelitian ini diperoleh tiga jenis tindak tutur, yaitu tindak tutur lokusi,perlokusi, dan ilokusi.Jadi total keseluruhan lokusi, ilokusi, dan perlokusi pada empat pelajaran dalam proses pembelajaran di Kelas XC SMA Negeri 1 Simanindo adalah 51 tuturan.Adapun perincian jumlah tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi pada setiap prinsip kesantunan pada pelajaran Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut : maksim kearifan jumlah tindak tutur lokusi yang ditemukan pada pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 21 tuturan, ilokusi sebanyak 6 tuturan, dan perlokusi sebanyak 3 tuturan jumlah tuturan pada maksim kearifan 31 tuturan.Penggunaan tindak tutur yang dilakukan oleh siswa kelas XC SMA Negeri 1 Simanindo masih tergolong kurang santun. Tindak tutur yang dilakukan di siswa kelas XC SMA Negeri 1 Simanindo dilakukan agar bisa menjadi lebih sopan dalam berbahasa dengan orang lain, bisa berbahasa menjadi lebih baik, dan lain sebagainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 2 Sin t |
Keywords: | Tindak tutur; Kesantunan; pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 02:12 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20888 |