Sihotang, Dinamayanti Maulina (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERPEN DI SMA GLOBAL PRIMA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136192008 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM. 8136192008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
3. NIM. 8136192008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. NIM. 8136192008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 8136192008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. NIM. 8136192008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM. 8136192008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM. 8136192008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
9. NIM. 8136192008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
13. NIM. 8136192008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 8136192008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi daripada hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS; (2) hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen yang memiliki tingkat kemampuan membaca pemahaman tinggi lebih baik daripada hasil belajar pemahaman kemampuan mengapresiasi cerpen yang memiliki tingkat kemampuan membaca pemahaman rendah; dan (3) interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Global Prima Medan yang berjumlah 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster sampling, dengan mengambil 2 kelas dengan jumlah tiap kelas 40 anak. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen dan tes kemampuan membaca pemahaman. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA Faktorial 2 × 2.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen siswa kelas model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen siswa kelas model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan Fhitung > Ftabel (8,666 > 3,96); (2) terdapat perbedaan hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen siswa yang memiliki kemampuan membaca pemahaman tinggi dengan hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen siswa yang memiliki kemampuan membaca pemahaman rendah dengan Fhitung > Ftabel (81,373 > 3,96); dan (3) ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen dengan Fhitung > Ftabel (4,110 > 3,96). Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dalam meningkatkan hasil belajar kemampuan mengapresiasi cerpen siswa. Selain itu perlu ditingkatkan kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 499.221 071 2 Sih p |
Keywords: | Kooperatif; Membaca; Apresiasi; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 02:29 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20885 |