Hariza, Sri Devi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DAN TEKNIK INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMK MULTI KARYA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136192027 COVER.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
2. NIM 8136192027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (794kB) | Preview
3. NIM 8136192027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. NIM 8136192027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM 8136192027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM 8136192027 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 8136192027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 8136192027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 8136192027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
13. NIM 8136192027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM 8136192027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Multi Karya menggunakan model pembelajaran concept sentence dan teknik inquiry lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. (2) Perbedaan antara kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa yang mempunyai hasil belajar tinggi dengan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa yang mempunyai hasil belajar rendah pada siswa kelas X SMK Multi Karya. (3) Interaksi antara model pembelajaran concept sentence dan teknik inquiry terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Multi Karya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas X SMK Multi Karya Medan yang berjumlah 120 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik kelompok secara acak (cluster random sampling) berjumlah 80 siswa. Sampel yang diambil terdiri dua kelompok yaitu, satu kelompok kelas diajar dengan model pembelajaran Concept Sentence dan Teknik Inquiry dan satu kelompok lagi diajar dengan model pembelajaran konvensional. Instrument pengumpulan data digunakan tes penugasan menulis teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan isi, struktuk, kosakata, kalimat dan mekanik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian factorial 2 x 2. Uji statistik yang dilakukan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjuti dengan statistic inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji scheffe.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran concept sentence dan teknik inquiry ( X = 76,47), lebih tinggi daripada kemampuan menulis yang diajarkan dengan model konvensional (X = 71,27), dengan Fhitung = 4,10 > Ftabel = 3,97. (2) kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa yang mempunyai hasil belajar tinggi menggunakan model pembelajar concept sentence ( X = 82) lebih tinggi daripada kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa yang mempunyai hasil belajar rendah menggunakan model konvensional (72,68), dengan Fhitung = 7,23 > Ftabel = 3,97. (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran concept sentence dan teknik inquiry terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi, dengan Fhitung = 4,44 > Ftabel = 3,97. Perhitungan uji lanjut dengan uji scheffe menunjukkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi yang menggunakan model pembelajaran concept sentence dan teknik inquiry lebih tinggi, daripada kemampuan menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.071 9 Har p |
Keywords: | Model pembelajaran; Concept sentence; Teknik inquiry; Kemampuan menulis; Teks laporan hasil observasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 02:25 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20884 |