Hutabarat, Andi Melina (2016) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN MINAT MEMBACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136192009 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2. NIM. 8136192009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3. NIM. 8136192009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4. NIM. 8136192009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5. NIM. 8136192009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. NIM. 8136192009 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM. 8136192009 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8. NIM. 8136192009 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
9. NIM. 8136192009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
13. NIM. 8136192009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
14. NIM. 8136192009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh kemampuan berpikir logis terhadap minat membaca artikel populer; (2) pengaruh kemampuan berpikir logis terhadap keterampilan menulis artikel populer; dan (3) pengaruh minat membaca artikel populer terhadap keterampilan menulis artikel populer. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto karena dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya kejadian tersebut. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dengan skala Likert dan tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sunggal pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah sampel 176 atau 65,18% dari jumlah populasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji persyaratan analisis, dan analisis jalur dengan taraf signifikansi 5%. Uji persyaratan analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas dan uji keberartian regresi. Berdasarkan hasil analisis jalur didapatkan: (1) koefisien jalur antara kemampuan berpikir logis dengan minat membaca artikel populer, yaitu: ρ21 = 0,774 dan t = 16,112 dengan nilai signifikansi < 0,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir logis berpengaruh langsung positif yang signifikan terhadap minat membaca artikel; (2) koefisien jalur antara kemampuan berpikir logis dengan keterampilan menulis artikel populer, yaitu: ρ31 = 0,763 dan t = 13,681 dengan nilai signifikansi < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir logis berpengaruh langsung positif terhadap keterampilan menulis artikel populer; dan (3) koefisien jalur antara minat membaca dengan keterampilan menulis artikel populer, yaitu: ρ32 = 0,152 dan t = 2,717 dengan nilai signifikansi < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa minat membaca artikel populer berpengaruh langsung positif terhadap keterampilan menulis artikel populer. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis artikel populer dapat ditingkatkan bila kemampuan berpikir logis dan minat membaca artikel populer ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.071 2 Hut p |
Keywords: | Minat; Berpikir logis; Keterampilan menulis; Minat membaca; Membaca artikel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 02:13 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 02:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20881 |