Siregar, Veppy Marlina (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 MARBAU TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Nim 4123311054 Cover.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
2. NIM 4123311054 LEMBAR PENGESAHAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
3. NIM 4123311054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4. NIM4123311054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM 4123311054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
6. NIM 4123311054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
7. NIM 4123311054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 4123311054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 4123311054 BAB I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
13. NIM 4123311054 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM 4123311054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan(1)
untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dalam pembelajaran
matematika melalui pendekatan matematika realistik (2) melihat ketuntasan
kemampuan penalaran matematis melalui pendekatan matematika realistik (3)
melihat respon siswa terhadap pembelajaran matematika melalui pendekatan
matematika realistik (4) pelaksanaan pembelajaran matematika melalui
pendekatan matematika realistik. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Kelas
VIII SMP N 1 Marbau tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 orang.
Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes
kemampuan penalaran, wawancara dan lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari
2 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan penalaran dan
wawancara terhadap guru dan siswa. Sebelum diberikan, tes terlebih dahulu
divalidkan ke validator.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan
matematika realistik pada pokok bahasan operasi aljabar dapat meningkatkan
kemampuan penalaran siswa. Hal ini dilihat dari hasil sebelum tindakan diberikan,
pada pemberian tes diagnostik dari 25 siswa hanya sebanyak 3 siswa (12%) yang
mencapai nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas 45,8. Setelah diberi tindakan, tes
kemampuan penalaran I pada siklus I, dari 25 siswa sebanyak 3 siswa (12%)
mendapatkan kategori sangat baik dengan nilai rata-rata kelas 50,544. Dari
analisis data tes kemampuan penalaran II pada siklus II diperoleh bahwa dari 25
siswa terdapat 9 siswa (36%) yang mendapatkan kategori sangat baik dengan nilai
rata-rata kelas 75,936. Berdasarkan hasil wawancara dan data hasil tes penalaran
siswa terhadap pembelajaran matematika kaitannya dengan kemampuan penalaran
matematis, mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian,
siswa mempunyai respon yang positif terhadap pembelajaran matematika dengan
pendekatan PMRI sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan penalaran
matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 143 |
Keywords: | Penalaran; Pendekatan Matematika Realistik;Faktorisasi Aljabar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 09:44 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 09:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20874 |