UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 MARBAU TAHUN AJARAN 2016/2017

Siregar, Veppy Marlina (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 MARBAU TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Nim 4123311054 Cover.pdf]
Preview
Text
1. Nim 4123311054 Cover.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123311054 LEMBAR PENGESAHAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123311054 LEMBAR PENGESAHAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123311054 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123311054 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM4123311054 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM4123311054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123311054 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123311054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123311054 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123311054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123311054 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123311054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123311054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123311054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123311054 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123311054 BAB I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4123311054 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4123311054 BAB V.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123311054 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123311054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan(1)
untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dalam pembelajaran
matematika melalui pendekatan matematika realistik (2) melihat ketuntasan
kemampuan penalaran matematis melalui pendekatan matematika realistik (3)
melihat respon siswa terhadap pembelajaran matematika melalui pendekatan
matematika realistik (4) pelaksanaan pembelajaran matematika melalui
pendekatan matematika realistik. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Kelas
VIII SMP N 1 Marbau tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 orang.
Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes
kemampuan penalaran, wawancara dan lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari
2 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan penalaran dan
wawancara terhadap guru dan siswa. Sebelum diberikan, tes terlebih dahulu
divalidkan ke validator.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan
matematika realistik pada pokok bahasan operasi aljabar dapat meningkatkan
kemampuan penalaran siswa. Hal ini dilihat dari hasil sebelum tindakan diberikan,
pada pemberian tes diagnostik dari 25 siswa hanya sebanyak 3 siswa (12%) yang
mencapai nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas 45,8. Setelah diberi tindakan, tes
kemampuan penalaran I pada siklus I, dari 25 siswa sebanyak 3 siswa (12%)
mendapatkan kategori sangat baik dengan nilai rata-rata kelas 50,544. Dari
analisis data tes kemampuan penalaran II pada siklus II diperoleh bahwa dari 25
siswa terdapat 9 siswa (36%) yang mendapatkan kategori sangat baik dengan nilai
rata-rata kelas 75,936. Berdasarkan hasil wawancara dan data hasil tes penalaran
siswa terhadap pembelajaran matematika kaitannya dengan kemampuan penalaran
matematis, mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian,
siswa mempunyai respon yang positif terhadap pembelajaran matematika dengan
pendekatan PMRI sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan penalaran
matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 143
Keywords: Penalaran; Pendekatan Matematika Realistik;Faktorisasi Aljabar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Oct 2016 09:44
Last Modified: 25 Oct 2016 09:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20874

Actions (login required)

View Item
View Item