Wulandari (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS VIII SMP N 1 MARBAU TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123311057 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 4123311057 LEMBAR PENGESAHAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
3. NIM 4123311057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM 4123311507 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM 4123311057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM 4123311057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
7. NIM 4123311057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. NIM 4123311057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM 4123311057 BAB I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM 4123311057 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM 4123311057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep aljabar dan kemandirian belajar siswa dan mengetahui
kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal operasi aljabar serta cara
mengatasinya dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams
Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Kelas VIII-2 SMP N 1 Marbau tahun
pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 orang.
Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes
kemampuan pemahaman konsep, angket kemandirian belajar dan lembar
observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes
kemampuan pemahaman konsep dan lembar angket kemandirian. Sebelum
diberikan, tes dan angket terlebih dahulu divalidkan ke validator.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model
pembelajaran kooperatif TGT pada pokok bahasan operasi aljabar dapat
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa.
Hal ini dilihat dari hasil sebelum tindakan diberikan, pada pemberian tes
diagnostik dari 25 siswa hanya sebanyak 3 siswa (12%) yang mencapai nilai 70
dengan persntase nilai rata-rata 46,55%. Setelah diberi tindakan, Tes Kemampuan
pemahaman konsep I pada siklus I, dari 25 siswa sebanyak 5 siswa (20%)
mencapai nilai 70 dengan persentase nilai rata-rata 54,32%. Dari analisis data
Tes pemahaman konsep II pada siklus II diperoleh bahwa dari 25 siswa terdapat
19 siswa (76%) yang mencapai nilai 70 dengan persentase nilai rata-rata
78,8%.
Dari hasil lembar angket kemandirian belajar siswa pada siklus I, termasuk
kategori cukup dengan Persentase rata-rata nilai 59,68%. Akan tetapi pada siklus
II, tingkat kemandirian belajar siswa termasuk kategori baik dengan skor 77,48%.
Berdasarkan hasil observasi, pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan
peneliti pada siklus I, termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 59,37. Akan
tetapi pada siklus II, tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran
termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 81,25..
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan modeli
pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan pemahaman
aljabar dan kemandirian belajar siswa dan dapat mengatasi kesulitan siswa dalam
menyelesaikan soal-soal operasi aljabar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 144 |
Keywords: | Matematika; Aljabar; Model Pembelajaran Kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 09:31 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 09:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20871 |