Simorangkir, Saripa Wijaya (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK - PAIR - SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKASISWA DI KELAS VII SMPN 1 PERCUT SEI TUAN T.A. 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123111075 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. 4123111075 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
4. 4123111075 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
5. 4123111075 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
6. 4123111075 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
7. 4123111075 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. 4123111075 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
8. 4123111075 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
9. 4123111075 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
10. 4123111075 BAB I.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
14. 4123111075 BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
15. 4123111075 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) di kelas VII SMPN 1 Percut Sei Tuan T.A. 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 38 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) di kelas VII SMPN 1 Percut Sei Tuan T.A. 2016/2017. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes, lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari tiga kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostik dan pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data tes diagnostik diperoleh peningkatan hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah. Jumlah siswa yang mampu memecahkan masalah dari tes diagnostik adalah 11 dari 38 orang siswa (28,95%) dengan rata-rata kelas 50,39. Hasil analisis data tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) menunjukkan 20 orang siswa (52,63%) yang mampu memecahkan masalah dengan nilai rata-rata 60,88. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 34 orang siswa (89,47%) yang mampu memecahkan masalah dengan nilai rata-rata siswa 75,18. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII SMPN 1 Percut Sei Tuan. Saran yang diajukan adalah agar penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) ini dapat dijadikan salah satu altenatif pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 178 |
Keywords: | Belajar dan Mengajar; Pembelajaran Matematika; Bilangan Bulat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 08:57 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20866 |