Sitepu, Sanfriska (2016) PENERAPAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIKA TINGKAT TINGGI SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 14 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123111074 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4123111074 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
3. NIM 41231110374 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 4123111074 PREFACE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
5. NIM 4123111074 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM 4123111074 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM 4123111074 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. NIM 4123111074 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM 4123111074 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
13. NIM 4123111074 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM 4123111074 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi siswa yang diajar dengan pendekatan brain based learning lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional di kelas XI SMA Negeri 14 Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 9 kelas dan yang menjadi sampel penelitian adalah 2 kelas yang telah dipilih secara acak yaitu kelas XI IPA 1 menjadi kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan brain based learning dan kelas XI IPA 4 menjadi kelas kontrol dengan menggunakan pendekatan konvensional dengan masing-masing kelas berjumlah 39 dan 35 orang siswa. Penelitian ini menggunakan dua jenis instrumen yaitu pretest dan posttest yang telah divalidasi dalam bentuk soal uraian. Pada kelas eksperimen, nilai selisih rata-rata postes dan pretes diperoleh 36.87179 sedangkan pada kelas kontrol 27.54286. Dari hasil analisis data selisih skor postes dan pretes dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah data selisih skor postes dan pretes terbukti berdistribusi normal dan homogen dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t pihak kanan. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung(2.804861) > (1.668). Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi siswa yang diajar dengan pendekatan brain based learning lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi siwa yang diajar dengan pendekatan konvensional sehingga disarankan bagi Guru untuk menjadikan penekatan Brain Based Learning sebagai salah satu alternatif pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 167 |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Matematika Tingkat Tinggi Siswa; Brain Based Learning; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 07:41 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 07:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20857 |