Setrya, Margaret (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 SIDIKALANG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. (4123111045) Cover Skripsi.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. (4123111045) Lembar Persembahan.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. (4123111045) Abstrak.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5. (4123111045) Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. (4123111045) Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. (4123111045) Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. (4123111045) Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. (4123111045) Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
10. (4123111045) BAB I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
14. (4123111045) BAB V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
15. (4123111045) Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran
matematis siswa dan melihat penerapan pembelajaran kontekstual pada materi
statistika di kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 2 Sidikalang tahun ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 2 Sidikalang tahun ajaran 2016/2017
yang berjumlah 35 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah upaya
meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi statistika
melalui penerapan pembelajaran kontekstual. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis dan lembar observasi. Tes
digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa pada materi
statistika dilihat dari kemampuan penalaran sebelum dan setelah diterapkan
pembelajaran kontekstual sedangkan lembar observasi digunakan untuk melihat
proses pembelajaran kontekstual.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari
2 pertemuan. Dari tes kemampuan penalaran matematis pada siklus I diperoleh 23
siswa ( %) dari 35 siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimum
(nilainya 77) sedangkan 12 siswa lainnya ( %) belum tuntas dengan nilai
rata-rata siswa 78,93. Setelah pemberian tes kemampuan penalaran matematis II
diperoleh 31 siswa (88,57%) telah mencapai kriteria ketuntasan minimum
sedangkan 4 siswa (11,43%) belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 87,68. Ini
berarti terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dari siklus I ke
siklus II dengan peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 22,86% dan
peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 8,75. Berdasarkan hasil observasi, proses
pembelajaran berlangsung dengan baik yaitu dari hasil observasi siklus I
memperoleh skor 2,75 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan di siklus
II menjadi 3,25 dengan kategori baik.
Pada siklus I masih terdapat kendala, yaitu siswa masih kurang aktif
diskusi kelompok. Namun pada siklus II, peneliti memotivasi siswa dengan
memberikan nilai tambah (penghargaan) kepada siswa yang aktif dalam proses
pembelajaran di kelas sehingga siswa menjadi semakin antusias dan pembelajaran
menjadi lebih bermakna. Selain itu, peneliti juga merancang lembar aktifvitas
siswa yang berhubungan dengan permasalahan yang dekat dengan keseharian
siswa agar siswa merasa tertantang untuk menyelesaikan soal-soal tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan
pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis
siswa. Sehingga guru dapat menerapkan pembelajaran kontekstual sebagai
alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran
matematis siswa. Selain itu, memberi penghargaan kepada siswa juga penting
untuk memacu keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 179 |
Keywords: | Kemampuan penalaran matematis;Pembelajaran kontekstual; Statistika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 04:09 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20853 |