Tambunan, Yessika Pramita (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RUANG TIGA DIMENSI DI KELAS X SMA NEGERI 1 BARUS T.A. 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. (4123111088)_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. (4123111088)_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
3. (4123111088)_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4. (4123111088)_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. (4123111088)_ DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. (4123111088) DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. (4123111088) DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. (4123111088) DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
9. (4123111088)_BAB I.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
13. (4123111088)_BAB V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
14. (4123111088)_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi
ruang tiga dimensi di kelas X SMA Negeri 1 Barus T.A. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research). Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-1 SMA Negeri 1 Barus pada
semester genap tahun ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
X-1 SMA Negeri 1 Barus yang berjumlah 31 orang sedangkan objek dalam penelitian
ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement
Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ruang tiga
dimensi tahun ajaran 2015/2016.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan tes
hasil belajar. Lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran ketika
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) diterapkan
dan tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa pada materi ruang tiga dimensi.
Pada siklus I dan siklus II diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Student
Teams Achievement Division (STAD). Setelah pemberian tes hasil belajar I pada siklus
I diperoleh 23 siswa (74,19%) dari 31 siswa telah mencapai ketuntasan belajar
(nilainya 65) sedangkan 8 siswa (25,81 %) belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa
70,29. Pada siklus II, setelah pemberian tes hasil belajar II diperoleh 27 siswa
(87,097%) dari 31 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65)
sedangkan 4 siswa (12,903%) belum tuntas dengan nilai rata-rata 80,06. Ini berarti
terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan peningkatan
persentase ketuntasan klasikal sebesar 12,91 % dan peningkatan nilai rata-rata siswa
sebesar 9,77.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga guru dapat menerapkan pembelajaran
kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) sebagai alternatif dalam
pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 128 |
Keywords: | Hasil belajar; Student Teams Achievement Division;Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 03:59 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20851 |