Borotan, Yusrina Azizah (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TWO STAY TWO STRAY DI SMPN 3 PERCUT SEI TUAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123111091 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. 4123111091 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
4. 4123111091 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. 4123111091 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. 4123111091 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. 4123111091 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. 4123111091 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. 4123111091 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
10. 4123111091 BAB I.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
14. 4123111091 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
15. 4123111091 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi segi empat. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling acak sederhana dan pemilihan kelas dilakukan secara random, maka terpilih kelas VII 5 sebagai kelas eksperimen I sebanyak 38 siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan kelas VII 8 sebagai kelas eksperimen II sebanyak 38 siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pretes dan posttest yang berbentuk essay test (uraian) masing-masing sebanyak 5 soal. Sebelum tes diberikan kepada siswa (sampel), terlebih dahulu tes divalidkan oleh 2 orang dosen dan 1 orang guru matematika dan dinyatakan valid. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari hasil uji t data nilai posttest diperoleh thitung = 1,687 sedangkan ttabel = 1,666. Karena thitung > ttabel (1,687 > 1,666), maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 103 |
Keywords: | Eksperimen semu; Numbered Head Together; Two Stay Two Stray |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 03:51 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20849 |