Hafni, Maulida (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT DENGAN MODEL KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS VII DI MTs. AL-ISHLAHIYAH BINJAI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4121111018 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. 4121111018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. 4121111018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5. 4121111018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. 4121111018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7. 4121111018 DATRAR TABEL.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
8. 4121111018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. 4121111018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. 4121111018 BAB I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
14. 4121111018 BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
15. 4121111018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
3. 4121111018 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi
siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS)
pada materi bilangan bulat di kelas MTs Al-Ishlahiyah Binjai. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1
MTs Al-Ishlahiyah Binjai T.A 2016/2017 yang berjumlah 45 orang. Objek
penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa dengan
menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share pada materi bilangan bulat.
Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I
melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 27 siswa
(60%) dari 45 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65). Setelah
tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika II
diperoleh 39 siswa (86,67%) dari 45 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar
(nilainya 65). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar
26,67%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini
sudah memenuhi.
Nilai rata-rata pada tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I
yaitu 69,17 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,97. Peningkatatan nilai ratarata
yaitu sebesar 11,8 dengan Gain Skor sebesar 0,38 yang berada pada kategori
sedang.
Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematika
siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-
Pair-Share (TPS) pada materi bilangan bulat di kelas VII MTs Al-Ishlahiyah
Binjai T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 119 |
Keywords: | Komunikasi Matematika; Bilangan Bulat; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 03:33 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20848 |