Sihite, Cinde Claudi (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (STAD) PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS IX SMP ETIS LANDIA MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121111005 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4121111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3. NIM 4121111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM 4121111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
5. NIM 4121111005 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM 4121111005 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. 4121111005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 4121111005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM 4121111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
13. NIM 4121111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
14. NIM 4121111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMP Etis Landia Medan pada materi Kubus dan Balok T.A 2016/2017 dan apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada materi Kubus dan Balok T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Etis Landia yang terdiri dari 5 kelas dan yang menjadi sampel penelitian adalah 2 kelas yang telah dipilih secara acak yaitu kelas IX-1 menjadi kelas eksperimen A dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas IX-2 menjadi kelas eksperimen B dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD . Pada kelas eksperimen A nilai rata-rata posttest adalah 34,9 sedangkan pada kelas eksperimen B nilai rata-rata posttest adalah 37,23 Setelah diuji terbukti data berdistribusi normal dan homogen. Setelah data terbukti berdistribusi normal dan homogen dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t pihak kanan. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung (4,467) > (2.002). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT dan STAD.
Berdasarkan uraian-uraian diatas disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi kubus dan balok bagi siswa kelas IX SMP Etis Landia Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 113 |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Kubus dan Balok; Model Pembelajaran Kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 03:29 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20847 |