Tampubolon, Lisnawati (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN TIPE THINK-PAIR-SHARE PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS XI IPA SMA SWASTA YP MARISI MEDA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4122111010 Cover Skripsi.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. 4122111010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
3. 4122111010 Abstrak.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. 4122111010 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. 4122111010 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. 4122111010 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. 4122111010 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. 4122111010 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
13. 4122111010 BAB V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. 4122111010 BAB I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
14. 4122111010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan
hasil belajar siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Team Assisted
Individualization dan tipe Think-Pair-Share Pada Pokok Bahasan Lingkaran di
Kelas XI IPA SMA Swasta YP Marisi Medan. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA
Swasta YP Marisi Medan yang terdiri dari 2 kelas, sedangkan yang dijadikan
sampel terdiri dari dua kelas yang diambil dengan melakukan tes terhadap kelas
semua kelas XI IPA yaitu XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen A dengan
pembelajaran kooperatif tipe TAI den XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen B
dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan masing-masing jumlah sampel
27 siswa dalam setiap kelas. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui
hasil belajar siswa adalah tes essay yang telah valid dengan jumlah soal sebanyak
5 soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa di
kelas eksperimen I sebesar 66,481 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas
eksperimen II sebesar 74,259. Hasil perhitungan uji normalitas nilai postest siswa
di kelas eksperimen I diperoleh hitung L = 0,1297 dan tabel L = 0,1778, karena hitung L
< tabel L yaitu 0,1297 < 0,1778 maka sebaran data di kelas eksperimen I
berdistribusi normal. Sedangkan di kelas eksperimen II diperoleh hitung L = 0,1635
dan tabel L = 0,1778, karena hitung L < tabel L yaitu 0,1635 < 0,1778 maka sebaran
data di kelas eksperimen II berdistribusi normal. Dari hasil perhitungan uji
homogenitas diperoleh hitung F = 1,26 dan tabel F = 1,925. Diperoleh bahwa hitung F <
tabel F yakni 1,26 < 1,925 maka kedua kelas homogen. Selanjutnya berdasarkan
perhiungan uji statistik-t diperoleh nilai hitung t = -2,4687 dan tabel t = 2,008, hitung t
tidak berada dalam interval -2,008 < hitung t < 2,008 yang berarti bahwa Ho ditolak
dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran
kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan model pembelajaran
kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada pokok bahasan Lingkaran di Kelas
XI-IPA SMA Swasta YP Marisi Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 130 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 03:21 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20845 |