Sari, Rizka Maya (2016) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN, GAYA BELAJAR VISUAL, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TALAWI KABUPATEN BATU BARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136192022 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 8136192022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. NIM. 8136192022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 8136192022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM. 8136192022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM. 8136192022 TABLES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7. NIM. 8136192022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8136192022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 8136192022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
13. NIM. 8136192022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
14. NIM. 8136192022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan: (1) kemampuan membaca cepat antara kelompok siswa yang diajarkan dengan teknik pembelajaran TFSS dengan kemampuan membaca cepat kelompok siswa yang diajarkan dengan teknik pembelajaran Ekspositori; (2) kemampuan membaca cepat antara kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual tinggi dengan kemampuan membaca cepat kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual rendah; (3) kemampuan membaca cepat antara kelompok siswa yang memiliki minat belajar tinggi dengan kemampuan membaca cepat kelompok siswa yang memiliki minat belajar rendah; (4) interaksi antara teknik pembelajaran, gaya belajar visual, dan minat belajar terhadap kemampuan membaca cepat siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Talawi Kabupaten Batu Bara tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan random kelas. Penelitian ini menggunakan quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan desain nonequivalent control group design. Sebelum penelitian ini dilakukan, instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan. Instrumen kemampuan membaca cepat menggunakan uji validitas, indeks tingkat kesukaran soal, indeks daya beda, indeks pengecoh, dan reliabilitas. Sedangkan instrumen gaya belajar visual dan minat belajar menggunakan uji analisis kesahihan instrumen dan analisis keterhandalan instrumen. Instrumen kemampuan membaca cepat yang valid diperoleh 30 butir, instrumen gaya belajar visual yang valid 30 butir, dan instrumen minat belajar yang valid 30 butir. Berdasarkan pengajuan hipotesis dapat disimpulkan: (1) kemampuan membaca cepat kelompok siswa yang diajarkan dengan teknik pembelajaran TFSS lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang diajarkan dengan teknik pembelajaran Ekspositori yang ditunjukkan dengan fhitung > ftabel = 16,67 > 3,97 pada taraf signifikan α = 0,05; (2) kemampuan membaca cepat kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual tinggi lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual rendah yang ditunjukkan dengan fhitung > ftabel = 19,58 > 3,97 pada taraf signifikan α = 0,05; (3) kemampuan membaca cepat kelompok siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang memiliki minat belajar rendah yang ditunjukkan dengan fhitung > ftabel = 26,00 > 3,97 pada taraf signifikan α = 0,05; (4) terdapat interaksi antara teknik pembelajaran, gaya belajar visual, dan minat belajar dalam mempengaruhi kemampuan membaca cepat siswa. Kelompok siswa dengan gaya belajar visual tinggi akan memperoleh kemampuan membaca cepat yang lebih tinggi jika diajarkan dengan teknik pembelajaran TFSS yang ditunjukkan dengan fhitung > ftabel = 4,21 > 3,97 pada taraf signifikan α = 0,05. Demikian pula dengan kelompok siswa dengan minat belajar tinggi akan memperoleh kemampuan membaca cepat yang lebih tinggi jika diajarkan dengan teknik pembelajaran TFSS yang ditunjukkan dengan fhitung > ftabel = 4,11 > 3,97 pada taraf signifikan α = 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 418.407 12 Sar p |
Keywords: | Teknik pembelajaran; Minat belajar; Membaca cepat; Teks eksposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 01:42 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 01:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20843 |