Oktapiani, Sri (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI KELAS X MAN 1 STABAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4122111017 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4122111017 LEMBAR PENGESAHAN dan RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
3. NIM 4122111017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4. NIM 4122111017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM 4122111017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
6. NIM 4122111017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 4122111017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 4122111017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
9. NIM 4122111017 BAB I.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
13. NIM 4122111017 BAB V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
14. NIM 4122111017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir logis siswa menggunakan pendekatan inkuiri lebih baik daripada pendekatan konstruktivisme. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi yang digunakan yaitu semua siswa kelas X Semester I MAN 1 Stabat yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 252 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir logis siswa adalah tes kemampuan berpikir logis berjumlah 5 butir soal yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Hasil penelitian dioeroleh kelas eksperimen A dengan pendekatan inkuiri dengan nilai rata-rata sebesar 23,75 dan kelas eksperimen B dengan pendekatan konstruktivisme dengan nilai rata-rata kelas eksperimen B sebesar 18,89. Hasil uji t pihak kanan dengan dk = 70 dan α = 0,05, diperoleh thitung = 1,719 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel yaitu 1,719 > 1,668 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir logis siswa menggunakan pendekatan inkuiri lebih baik daripada pendekatan konstruktivisme di kelas X MAN 1 Stabat T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 174 |
Keywords: | Berpikir Logis; Konstruktivisme; Pendekatan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 03:11 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20842 |