Panjaitan, Anwar Hidayat (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE(TPS) DI KELASVIII SMP NEGERI 1 KOTARIH TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121111002 JUDUL.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
4. NIM 4121111002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM 4121111002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. NIM 4121111002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7. NIM 4121111002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 4121111002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM 4121111002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
10. NIM 4121111002 BAB I.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
14. NIM 4121111002 BAB V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
15. NIM 4121111002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
3 NIM 4121111002 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas(classroom action research).Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan spasial siswa dengan pembelajaran kooperatif think-pair-share(TPS) pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Kotarih Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelasVIII-2 SMP Negeri 1 Kotarih dengan jumlah siswa 30 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan spasial siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif think-pair-share(TPS) pada materi kubus dan balok di kelasVIII-2 SMP Negeri 1 Kotarih tahun ajaran 2015/2016.
Instrumen penelitian ini terdiri dari tes,wawancara dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa, wawancara dilakukan untuk mengetahui masalah pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 1 Kotarih khususnya materi kubus dan balok dan memperoleh data tentang kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan sebagai bahan refleksi dalam menentukan tindakan pada siklus II yang dilakukan setelah hasil tes pada siklus I diperiksa dan observasi digunakan untuk mengetahui proses kegiatan siswa selama pembelajaran.
Penelitian ini dibagi atas 2 siklus.Setiap pertemuan dilaksanakan observasi dengan memperhatikan observasi pembelajaran dan diakhir dari siklus diberikan tes kemampuan spasial siswa.Hasil observasi proses pembelajaran berlangsung dengan baik yaitu dari hasil observasi di siklus I rata-rata mencapai 2,7dengan kategori baik dan mengalami peningkatan di siklus II rata-rata mencapai 3,6 dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil analisis tes kemampuan spasial yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Thik-Pair-Share (TPS), hasil belajar siswa ( 70) secara klasikal masih belum tercapai karena hanya 21 siswa (70%) yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 74,13. Setelah pelaksanaan tindakan siklus II, hasil belajar siswa ( 70) secara klasikal telah tercapai yaitu 27 siswa (90%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 86,13. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan kemampuan spasial siswa dari siklus I kesiklus II adalah 20%.
Karena hasil tes kemampuan spasial siswa mengalami peningkatan dan ketuntasan belajar klasikal telah tercapai dan terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I kesiklus II maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan spasial siswa sehingga pelaksanaan tindakan di akhiri.Dengan demikian, pembelajaran kooperatif think-pair-share(TPS) dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa kelasVIII di SMP Negeri 1 Kotarih tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 115 |
Keywords: | Kemampuan Spasial; Gemetri; Kubus dan Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 07:57 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20823 |