Wahida, Dina (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI INKUIRI TERBIMBING BERMEDIAKAN PETA KONSEP TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123331007 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4123331007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. NIM. 4123331007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
5. NIM. 4123331007 KATA PENGANTAR1111.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM. 4123331007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7. NIM. 4123331007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 4123331007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 4123331007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
10. NIM. 4123331007 BAB I.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
14. NIM. 4123331007 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. NIM. 4123331007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
3. NIM. 4123331007 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model problem based learning terintegrasi inkuiri terbimbing menggunakan media peta konsep lebih tinggi daripada hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model inkuiri terbimbing menggunakan media peta konsep, apakah ada korelasi antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa di kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pretest-postest control group design. Pengambilan sampel digunakan dengan cara tekhnik random sampling cluster dengan mengambil 2 kelas. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa menunjukkan kedua kelompok sampel diuji homogen dan berdistribusi normal. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai pretest 47,50 postest 85,97 dan gain 0,73. Sedangkan siswa pada kelas kontrol memiliki rata-rata nilai pretest 44,31 postest 73,06 dan gain 0,49. Uji hipotesis pertama dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji satu pihak (pihak kanan) dan diperoleh thitung = 5,11; ttabel = 1,6697 untuk α = 0,05. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model problem based learning terintegrasi inkuiri terbimbing bermediakan peta konsep lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model inkuiri terbimbing bermediakan peta konsep. Uji hipotesis kedua dengan menggunakan uji korelasi dan diperoleh koefisien korelasi = 0,49 yang berarti ada korelasi yang cukup tinggi antara aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa yang diajar dengan model problem based learning terintegrasi inkuiri terbimbing bermediakan peta konsep pada pokok materi redoks
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 129 |
Keywords: | Problem Based Learning; Inkuiri Terbimbing; Peta Konsep; Aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 02:30 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20803 |