Sihombing, Ciciamih (2016) SUATU STUDI TENTANG AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA YANG DIBELAJARKAN MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI AJAR LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4122131004 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 4122131004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
4. NIM 4122131004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
5. NIM 4122131004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
6. NIM 4122131004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. NIM 4122131004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4122131004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 4122131004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
10. NIM 4122131004 BAB I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
14. NIM 4122131004 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
15. NIM 4122131004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
3. NIM 4122131004 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang dibelajarakan melalui Problem Based Learning dengan Macromedia Flash lebih tinggi daripada aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan Problem Based Learning dan tanpa menggunakan Macromedia Flash pada materi ajar larutan penyangga serta pengaruh aktivitas terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang menggunakan kurikulum 2013. Sampel yang diteliti adalah kelas XI SMA N 1 Pollung. Pengambilan sampel dilakukan secara purposif dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang sudah diuji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, daya pembeda dan distraktornya, sedangkan data aktivitas menggunakan lembar observasi aktivitas belajar.
Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen I yaitu 92,89 ± 3,196 dan pada kelas eksperimen II yaitu 91,08 ± 3,533, serta diperoleh data nilai rata-rata pretest kelas eksperimen I yaitu 41,81 ± 12,198 dan pada kelas eksperimen II sebesar 41,81 ± 12,430, sedangkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen I sebesar 87,64 ± 6,151 dan pada kelas eksperimen II sebesar 82,36 ± 6,151. Kedua kelompok sampel tersebut homogen. Analisis data tersebut berdasarkan statistik uji independent sampel t-test menggunakan software SPSS 21.0 pada tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas belajar belajar siswa yang dibelajarkan melalui Problem Based Learning dengan Macromedia Flash lebih tinggi daripada aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan Problem Based Learning tanpa Macromedia Flash pada materi ajar larutan penyangga, 2) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui Problem Based Learning dengan Macromedia Flash lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan Problem Based Learning tanpa Macromedia Flash pada materi ajar larutan penyangga, dan 3) aktivitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 148 |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Problem Based Learning; Macromedia Flash |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 02:03 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20799 |