Sianturi, Erikson Citra Luluando (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK DAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123131028 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2 NIM 4123131028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
3 NIM 4123131028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4 NIM 4123131028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5 NIM 4123131028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6 NIM 4123131028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
7 NIM 4123131028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8 NIM 4123131028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9 NIM 4123131028 BAB I.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13 NIM 4123131028 BAB V.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
14 NIM 4123131028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan
aktivitas siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran investigasi
kelompok dengan inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam serta untuk
mengetahui hubungan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa. Penelitian
ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest two groups
design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI-IPA SMA Swasta Teladan
Medan T.A. 2015/2016 yang berjumlah 144 siswa. Sampel penelitian sebanyak
dua kelas eksperimen yang diambil secara cluster random sampling, yaitu kelas
XI-IPA 2 sebagai Kelas Eksperimen I dan XI-IPA 3 sebagai Kelas Eksperimen II
sebanyak 20 siswa setiap kelas. Kelas Eksperimen I diberikan perlakuan model
pembelajaran investigasi kelompok dan Kelas Eksperimen II diberikan perlakuan
model pembelajaran inkuiri terbimbing. Pengumpulan data dilakukan dengan tes
(hasil belajar) dan non-tes (aktivitas siswa). Teknik analisis data menggunakan uji
t-dua pihak dan analisis korelasi pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian
menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang
dibelajarkan dengan model pembelajaran investigasi kelompok dan inkuiri
terbimbing. Rata-rata hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan dengan
model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan
dengan investigasi kelompok. Terdapat hubungan antara aktivitas siswa dengan
hasil belajar siswa sebesar 0,343. Kontribusi aktivitas siswa terhadap hasil belajar
sebesar 11,76%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 212 |
Keywords: | Hasil Belajar; Hidrolisis Garam; Model Pembealajaran Investigasi Kelompok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 01:25 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 01:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20792 |