Putra, Ramadhansyah (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media Animasi pada model pembelajaran problem based learning. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Hinai Kabupaten Langkat kelas X yang terdiri dari 5 Kelas. Sampel penelitian diambil secara purposif, yaitu berdasarkan guru yang mengajar sama sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 30 siswa.
Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal dengan lima option. Instrument tes yang digunakan memiliki nilai reliabilitas 0,827. Karena rhitung > rtabel yaitu 0,827 > 0,361 maka soal dinyatakan reliabel. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan media animasi pada model pembelajaran problem based learning. Hasil penelitian diperoleh, untuk kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 43,50 dan nilai rata-rata post-test adalah 83,33 sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk kelas kontrol adalah 38,33 dan nilai rata-rata post-test adalah 77,50.
Hasil uji t pihak kanan diperoleh thitung = 2,8065 dan ttable = 1,6827, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan media Animasi pada model pembelajaran PBL lebih tinggi dari pada hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning pada materi reaksi redoks.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 175 |
Keywords: | Media Animasi; Problem Based Learning; Reaksi Redoks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 08:30 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20776 |