Harahap, Maya Sari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KELARUTANDAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122131008 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4122131008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3. NIM. 4122131008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM. 4122131008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5. NIM 4122131008 DAFTAR IS1.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM. 4122131008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
8. NIM. 4122131008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
9. NIM. 4122131008 BAB I.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
13. NIM. 4122131008 BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
14. NIM. 4122131008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dengan menggunakan media dan kemampuan berpikir kritis, antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah serta interaksinya. Penelitan ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Sampel yang diambil adalah 2 kelas yaitu XI MIA 4 yang diberikan perlakuan dengan model DI menggunakan media riil dan pada kelas XI MIA 3 yang diberikan perlakuan dengan model PBL menggunakan media virtual pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05, diperoleh bahwa Fhitung(A) dan (B) sebesar 9,11 sedangkan harga Ftabel (0,05) (1,68) = 4 maka Fhitung > Ftabel Hal tersebut menunjukkan ada interaksi antara model pembelajaran dengan menggunakan media dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kimia siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model PBL dengan media virtual pada siswa berkemampuan berpikir kritis tinggi memberikan rataan tertinggi yakni (78,6 ± 51,6), dan rataan pada siswa berkemampuan berpikir kritis tinggi yang diajarkan dengan model DI dengan media riil yakni (67,9 ± 59,5). Selanjutnya diperoleh bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model PBL dengan media virtual pada siswa berkemampuan berpikir kritis rendah memberikan rataan yakni (59,8 ± 7,4), dan pada siswa berkemampuan berpikir kritis rendah yang diajarkan dengan model DI dengan media riil memberikan rataan yakni (61,8 ± 7,4). Pada uji pengaruh sederhana, siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi berbeda nyata hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran dengan menggunakan media dan untuk kemampuan berpikir kritis rendah tidak berbeda nyata hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran dengan menggunakan media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 201 |
Keywords: | Model Pembelajaran PBL; Media Riil ; Media Virtual; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 07:47 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20773 |