Sinaga, Mariana (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DAN KEMAMPUAN MATEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121131012 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM 4121131012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
3. NIM 4121131012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
4. NIM 4121131012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. NIM 4121131012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM 4121131012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7. NIM 4121131012 TABLES.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8. NIM 4121131012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
9. NIM 4121131012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
13. NIM 4121131012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM 4121131012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
dengan menggunakan media dan kemampuan matematik terhadap hasil belajar
kimia siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian dilakukan
terhadap siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Stabat T.P. 2015/2016.
Sampel kelas diambil dengan teknik sampling purposif dan begitu pula
dalam pengambilan sampel siswa di kelas akan dilakukan juga dengan teknik
sampling purposif yang didasarkan pada nilai pretest yang relatif homogen dan
juga didasarkan test terhadap kemampuan matematik siswa. Kedua kelas yang
diajarkan dengan dua model dibagi menjadi empat kelas dengan kombinasi
faktorial 2 X 2. Ada dua faktor yang diuji cobakan yaitu faktor A : Model
pembelajaran dengan menggunakan media yang terdiri dari 2 taraf yaitu A1=
model DI dengan media riil dan A2= model PjBL dengan media virtual, faktor B:
kemampuan matematik yang terdiri 2 taraf yaitu B1 = kemampuan matematik
tinggi dan B2 = kemampuan matematik rendah. Berdasarkan uji hipotesis pada
taraf signifikan α = 0,05, diperoleh bahwa Fhitung(A) dan (B) sebesar 38,092
sedangkan harga Ftabel (0,05) (1,64)= 3,99 maka Fhitung<Ftabel Hal tersebut menunjukkan
ada interaksi antara model pembelajaran dengan menggunakan media dan
kemampuan matematik terhadap hasil belajar kimia siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model
PjBL dengan media virtual pada siswa berkemampuan matematik tinggi
memberikan rataan tertinggi yakni (78,214 ± 7,495), dan rataan pada siswa
berkemampuan matematik tinggi yang diajarkan dengan model DI dengan media
riil yakni (75 ± 5,940). Selanjutnya diperoleh bahwa hasil belajar kimia siswa
yang diajarkan dengan model PjBL dengan media virtual pada siswa
berkemampuan matematik rendah memberikan rataan yakni (61,25 ± 7,232), dan
pada siswa berkemampuan matematik rendah yang diajarkan dengan model DI
dengan media riil memberikan rataan yakni (62,5 ± 7,071). Pada uji pengaruh
sederhana, siswa yang memiliki kemampuan matematik tinggi dan rendah tidak
ada perbedaan yang disignifikan antara rataan hasil belajar kimia siswa yang
diajarkan dengan model pembelajaran dengan menggunakan media
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 158 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Media Riil ; Media Virtual; ; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 07:17 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20763 |