Hartati, Suri (2016) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MASALAH PADA MATERI ALKANA DAN SIKLOALKANA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4121131026 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2 NIM 4121131026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
4 NIM 4121131026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
3 NIM 4121131026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5 NIM 4121131026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
6 NIM 4121131026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7 NIM 4121131026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8 NIM 4121131026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9 NIM 4121131026 BAB I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
13 NIM 4121131026 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14 NIM 4121131026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) bahan ajar materi alkana dan sikloalkana pada buku yang digunakan di SMA/MA memenuhi kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP); 2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP; 3) implementasi model pembelajaran berbasis masalah yang didukung modul yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 4) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi modul lebih besar dari harga KKM. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 9 Medan. Populasi yaitu seluruh siswa kelas XI MIA yang terdiri dari 4 (empat) kelas. Sampel ditetapkan dengan cluster random sampling dengan mengambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan : (1) bahan ajar pada materi alkana dan sikloalkana pada buku yang digunakan di SMA/MA sudah memenuhi kriteria BSNP dengan kriteria cukup valid dan tidak perlu revisi; (2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh yaitu kelayakan isi = 3,62; kelayakan bahasa = 3,56; kelayakan penyajian = 3,56; kelayakan kegrafikaan = 3,52 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi; (3) implemetasi model pembelajaran berbasis masalah yang didukung modul yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 79%; (4) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi modul lebih besar dari harga KKM
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 122 |
Keywords: | Research and Development; Pembelajaran berbasis masalah; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 04:34 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20759 |