Panjaitan, Meri Julianti (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOKBAHASAN HIDROKARBON KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123331028 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4123331028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4. NIM 4123331028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
5. NIM 4123331028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM 4123331028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM 4123331028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4123331028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 4123331028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
10. NIM 4123331028 BAB I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
14. NIM 4123331028 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15. NIM 4123331028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM 4123331028 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis seberapa besar pengaruh model Pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan hasil belajar siswa, dan kerjasama siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dengan media powerpoint pada materi Hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Tri Sakti Medan. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 19 soal yang valid dengan reabilitas sebesar 0,71164 kategori tinggi. Pengambilan sampel penelitian ini diambil secara random sampling yang terdiri dari kelas kontrol pada kelas X-2 dan kelas eksperimen pada kelas X-3. Pada kelas kontrol diberi model pembelajaran konvensional dengan media powerpoint dan pada kelas eksperimen diberi model pembelajaran berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 69,91 dengan gain peningkatan hasil belajar sebesar 0,4753 dan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 80,833 dengan gain peningkatan hasil belajar sebesar 0,682. Berdasarkan observasi yang dilakukan observer maka diketahui rata-rata nilai kerjasama siswa yaitu pada kelas kontrol sebesar 77,199 dan pada kelas eksperimen sebesar 79,97. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data dan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa (1) ada peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek pada materi Hidrokarbon, (2) ada peningkatan kerjasama siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek, (3) ada peningkatan hasil belajar siswa yang dihubungkan dengan kerjasama siswa yaitu siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek. Berdasarkan perhitungan korelasi hasil belajar siswa dengan kerjasama siswa memberikan hasil yang positif. Hal ini dapat dilihat dari nilai rhitung >rtabel pada
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 199 |
Keywords: | Model Pembelajaran berbasis proyek; Media powerpoint; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 03:56 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20753 |