Nainggolan, Intan Sri Nancy P. (2016) PENGARUH JENIS MODEL PEMBELAJARAN DAN BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131044 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4123131044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM 4123131044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5. NIM 4123131044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM 4123131044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 4123131044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4123131044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 4123131044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
10. NIM 4123131044 BAB I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
14. NIM 4123131044 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15. NIM 4123131044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan bahan ajar, pengaruh model pembelajaran dan bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa, serta perbedaan rataan nilai hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan bahan ajar Handout dan LKS dengan model pembelajaran yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan, yakni 7 kelas. Sampel diambil dengan 2 tahap, yaitu : sampel kelas diambil 4 kelas secara teknik sampling sederhana, selanjutnya sampel siswa diambil secara purposif 15 orang siswa dari setiap kelas yang relatif homogen statusnya. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2x2. Ada dua faktor yang diujicobakan yaitu faktor A: model pembelajaran yang terdiri dari 2 taraf, yaitu A1 = model pembelajaran TAI dan A2 = model pembelajaran learning cycle. Faktor B: bahan ajar yang terdiri dari 2 taraf, yaitu B1= bahan ajar handout dan B2 =bahan ajar LKS. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Fhitung (AB) > Ftabel atau 14,59 > 4,00 artinya ada interaksi antara model pembelajaran dan bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa dan Fhitung (A) dan (B) > Ftabel artinya ada pengaruh model dan bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan model TAI dengan bahan ajar LKS memiliki rataan hasil belajar kimia yang paling tinggi yaitu 88,4 ± 4,80. Sebaliknya, rataan hasil belajar kimia yang diajar dengan menggunakan model learning cycle dengan bahan ajar LKS memiliki rataan hasil belajar kimia yang paling rendah yaitu 77,06 ± 6,16. Selanjutnya, diperoleh bahwa rataan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan bahan ajar handout yang dikombinasikan dengan model learning cycle lebih tinggi dibandingkan dengan model TAI, yaitu 78,87± 6,32 dan 78,53± 6,22. Pada uji pengaruh sederhana sebaiknya bahan ajar LKS diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TAI sedangkan bahan ajar handout diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle karena secara statistik terdapat perbedaan yang signifikan antara rataan hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajarn yang dikombinasikan dengan bahan ajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 178 |
Keywords: | Interaksi;; Pengaruh, Model Pembelajaran; Hasil Belajar Kimia Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 01:56 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20737 |