PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL DAN MEDIA REAL TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Tampubolon, Irma S (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL DAN MEDIA REAL TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4122131025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4122131025 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4122131025 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4122131025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4122131025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4122131025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4122131025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4122131025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.4122131025 TABLE OF CONTEST.pdf]
Preview
Text
5. NIM.4122131025 TABLE OF CONTEST.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4122131025 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4122131025 TABLES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4122131025 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4122131025 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4122131025 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4122131025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4122131025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4122131025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4122131025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4122131025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4122131025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4122131025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri menggunakan media virtual dan model Inkuiri menggunakan media real terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Negeri 17 Medan. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan model Inkuiri menggunakan media virtual dan kelas eksperimen II diberi perlakuan dengan model Inkuiri menggunakan media real.
Analisis data menggunakan uji t-dua pihak pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Inkuiri menggunakan media virtual dan model Inkuiri menggunakan media real pada materi Ksp. Hal ini dilihat dari harga -thitung < -ttabel yaitu -4,965 < -1,994, (2) terdapat perbedaan kreativitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Inkuiri menggunakan media virtual dan model Inkuiri menggunakan media real pada materi Ksp. Hal ini dilihat dari harga -thitung < -ttabel yaitu -5,933 < -1,994, (3) terdapat hubungan antara kreativitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Inkuiri menggunakan media real pada materi Ksp. Hal ini dilihat dari harga rhitung > rtabel =0,373 > 0,312.
Distribusi nilai afektif pada kelas eksperimen I sebesar 70,06 % dan pada kelas eksperimen II sebesar 75,96 % sedangkan untuk nilai pencapaian psikomotorik pada kelas eksperimen I sebesar 82,22 % dan pada kelas eksperimen II sebesar 85,00 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 152
Keywords: Media Virtual; Media real; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Oct 2016 07:58
Last Modified: 20 Oct 2016 07:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20726

Actions (login required)

View Item
View Item