Tampubolon, Irma S (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL DAN MEDIA REAL TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122131025 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 4122131025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. NIM. 4122131025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4. NIM. 4122131025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
5. NIM.4122131025 TABLE OF CONTEST.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM. 4122131025 TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 4122131025 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8. NIM. 4122131025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
9. NIM. 4122131025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
13. NIM. 4122131025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 4122131025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri menggunakan media virtual dan model Inkuiri menggunakan media real terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Negeri 17 Medan. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan model Inkuiri menggunakan media virtual dan kelas eksperimen II diberi perlakuan dengan model Inkuiri menggunakan media real.
Analisis data menggunakan uji t-dua pihak pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Inkuiri menggunakan media virtual dan model Inkuiri menggunakan media real pada materi Ksp. Hal ini dilihat dari harga -thitung < -ttabel yaitu -4,965 < -1,994, (2) terdapat perbedaan kreativitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Inkuiri menggunakan media virtual dan model Inkuiri menggunakan media real pada materi Ksp. Hal ini dilihat dari harga -thitung < -ttabel yaitu -5,933 < -1,994, (3) terdapat hubungan antara kreativitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Inkuiri menggunakan media real pada materi Ksp. Hal ini dilihat dari harga rhitung > rtabel =0,373 > 0,312.
Distribusi nilai afektif pada kelas eksperimen I sebesar 70,06 % dan pada kelas eksperimen II sebesar 75,96 % sedangkan untuk nilai pencapaian psikomotorik pada kelas eksperimen I sebesar 82,22 % dan pada kelas eksperimen II sebesar 85,00 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 152 |
Keywords: | Media Virtual; Media real; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 07:58 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20726 |