Mentari, Rona Rizky (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI KELAS XI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123331045 COVER .pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM 4123331045 LEMBAR PENGESAHAN.pdffix.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
4. NIM 4123331045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
3. NIM 4123331045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
5. NIM 4123331045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM 4123331045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7. NIM 4123331045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
8. NIM 4123331045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
9. NIM 4123331045 BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
13. NIM 4123331045 BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM 4123331045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning dengan media Handout dan model konvensional dengan media Handout
terhadap hasil belajar pada materi koloid di kelas XI dan untuk mengetahui hasil
belajar kimia dengan model Problem Based Learning dengan media Handout
lebih tinggi dari model konvensional dengan media Handout pada materi koloid
di kelas XI. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposif sampling
dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI MIA-1 dijadikan sebagai kelas
eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL dengan
menggunakan media Handout dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas kontrol
dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional dengan menggunakan
media Handout. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa
adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang telah teruji
validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, serta reliabilitas. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning
dengan media Handout terhadap hasil belajar pada materi koloid di kelas XI. Dan
nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 82,03 dan rata-rata hasil
belajar kelas kontrol sebesar 77,18. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis
peningkatan hasil belajar siswa diperoleh harga thitung > ttabel α yaitu 3,01 >1,99
dengan taraf signifikansi (α = 0,05) sehingga Ho ditolak Ha diterima Berarti dapat
disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning
dengan menggunakan media Handout lebih tinggi dibandingkan dengan hasil
belajar menggunakan model Konvensional dengan menggunakan media Handout
pada pokok materi koloid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 208 |
Keywords: | Model Problem Based Learning; Media Handout; Hasil Belajar; Peningkatan Hasil Belaja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 07:45 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20723 |