Purba, Nelli (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN LEARNING START WITH A QUESTION PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS MENGGUNAKAN MEDIA LKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123131063 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4123131063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
4. NIM 4123131063 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. NIM 4123131063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM 4123131063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM 4123131063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4123131063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4123131063 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM 4123131063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
11. NIM. 4123131063 BAB I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
15. NIM 4123131063 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
16. NIM 4123131063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa SMA pada model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Learning Start With A Question (LSQ) pada pokok Bahasan Reaksi Redoks menggunakan media Lembar Kerja siswa (LKS). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budi Murni 3 Medan sebanyak dua kelas. Sampel penelitian yang berjumlah dua kelas, yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi pembelajaran dengan model kooperatif tipe LSQ dan satu kelas sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi pembelajaran dengan model kooperatif tipe Talking Stick. Data yang diambil adalah peningkatan hasil belajar siswa, yaitu diambil dari nilai siswa sebelum (pre-tes) dan setelah (pos-tes) diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan untuk data peningkatan hasil belajar siswa adalah tes objektif sebanyak 20 soal dengan 5 option yang telah diuji validasi, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran, dan distruktor. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji-t dua pihak. Hasil uji t diperoleh t < -t ½ α dan t > t ½ α (2,424 < - 1,671 dan 2,424 > 1,671) pada taraf signifikansi α = 0,05 dan db = 28. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena Ha berada di daerah kritis sehingga dapat disimpulkan yaitu ada perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa SMA pada model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan Learning Start With A Question (LSQ) pada pokok bahasan Reaksi Redoks menggunakan media LKS. Rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 1 adalah 74% ± 0,1296 (kategori tinggi) dan kelas eksperimen 2 adalah 66% ± 0,1335 (kategori sedang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 136 |
Keywords: | Learning Start With A Question; Talking Stick; Peningkatan hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 07:05 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20716 |