Nita, Novia (2016) ANALISA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP DAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4122131010 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM 4122131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
4. NIM 4122131010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5. NIM 4122131010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
6. NIM 4122131010 PERSEMBAHAN.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
7. NIM 4122131010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
8. NIM 4122131010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
9. NIM 4122131010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM 4122131010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
11. NIM 4122131010 BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
15. NIM 4122131010 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
16. NIM 4122131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
3. NIM 4122131010 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan minat dan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri menggunakan media peta konsep dan Macromedia Flash pada pokok bahasan Konsep Mol; apakah ada korelasi yang signifikan antara minat dengan hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri melalui media peta konsep dan Macromedia Flash; serta apakah ada perbedaan hasil belajar kimia dan minat belajar siswa yang diajarkan melalui Model Pembelajaran Inkuiri menggunakan media peta konsep dan Macromedia Flash akan dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan semester II T.A. 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan yang terdiri dari 3 (tiga) kelas. Sampel ditetapkan dengan teknik sampling purposif yang karakteristik populasinya harus tercermin dalam sampel. Dari ketiga kelas diambil dua kelas yang akan dijadikan sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode true eksperimental. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 30 soal dan reliabel (0,880). Sedangkan, data untuk minat belajar siswa diperoleh melalui angket dengan menggunakan data instrumen yang telah valid. Berdasarkan analisis data SPSS, hasil penelitian data gain skor siswa kelas eksperimen I berdistribusi normal dengan nilai Sig.0,520 > 0,05, untuk kelas eksperimen II berdistribusi normal dengan nilai Sig. 0,723 > 0,05, dan data hasil belajar dinyatakan homogen dengan nilai Sig. 0,214 > 0,05 dan data minat belajar dinyatakan homogen dengan nilai Sig. 0,021 > 0,05. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis 1 nilai Sig. 0,000 < α 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis 2 nilai Sig. 0,000 < α 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis 3 dengan nilai Sig. 0,033 < α 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis 4 dengan nilai Sig. 0,252 > α 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hipotesis 5 dengan nilai Sig. 0,000 < α 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis 6 dengan nilai Sig. 0,000 < α 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 159 |
Keywords: | Minat, Hasil Belajar; Macromedia Flash; Konsep Mol |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 04:57 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20710 |