Gultom, Theresia Lia E. (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS XI IPA SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN T.P.2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122141019 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4122141019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3. NIM. 4122141019 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM. 4122141019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM. 4122141019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 4122141019 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM. 4122141019 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. NIM. 4122141019 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
9. NIM. 4122141019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
13. NIM. 4122141019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM. 4122141019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS) dan Numbered Head Together (NHT) pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA Swata Parulian 1 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 62 orang dan teknik pengambilan sampel dengan total sampling, dimana kelas XI IPA 1 (kelas NHT) sebanyak 29 orang, dan kelas XI IPA 2 (kelas TSTS) sebanyak 33 orang. Alat pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan berganda terdiri dari 30 butir soal dan lembar observasi 4 item. Dari hasil uji persyaratan analisis data, populasi berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan analisis data bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa model pembelajaran TSTS sebesar 85,15 dengan SD 6,83 dan hasil belajar siswa model NHT sebesar 78,85 dengan SD 8,18. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05, dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif TSTS dan NHT pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA Swata Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Selain itu, ditemukan juga perbedaan peningkatan aktivitas siswa dengan pembelajaran model kooperatif TSTS dan NHT sebesar 0,35, kelas TSTS (81,82) lebih tinggi daripada kelas NHT (81,47). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar siswa dengan pembelajaran model kooperatif TSTS dan NHT pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di kelas XI IPA SMA Swasta 1 Parulian Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 169 |
Keywords: | Hasil belajar:Aktivitas siswa:Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 04:25 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20688 |