Harahap, Evi Yulnani (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123341015_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4123341015_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
3. NIM. 4123341015_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM. 4123341015_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM. 4123341015_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 4123341015_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM. 4123341015_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM. 4123341015_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM. 4123341015_BAB I.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
13. NIM. 4123341015_BAB V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
14. NIM. 4123341015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division)
terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas X MAN 2 Model
Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi berupa seluruh siswa kelas X
MAN 2 Model Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Sampel berjumlah 40
orang siswa. Dari analisa data test akhir ( post test) kelas eksperimen dan kelas
kontrol, diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah X= 71,9 dengan
varians S2 =97,16. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata X = 62,2
dengan varians S2 = 105,52. Untuk pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel (4,
315 > 1, 987). Berdasarkan hasil belajar siswa diketahui bahwa nilai rata-rata pada
kelas eksperimen sebesar 71,9 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah sebesar
62,2. Ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD (Student Team Achievement Division) sangat berpengaruh dalam
meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem serta efektif dan
efisien bagi peningkatan kualitas siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe
STAD (Student Team Achievement Division),akan meningkat/lebih baik pada
materi pokok Ekosistem di kelas kelas X-2 MAN 2 Model Medan Tahun
Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 162 |
Keywords: | Ekosistem; Pembelajaran Kooperatif; Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 03:57 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20685 |