Manik, Nova Yunita (2016) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. nim. 4123341032_COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. nim. 4123341032_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3. nim. 4123341032_ ABSTAK.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4. nim. 4123341032_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. nim. 4123341032_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. nim. 4123341032_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. nim. 4123341032_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. nim. 4123341032_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
9. nim.4123341032_BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. nim. 4123341032_BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
14. nim. 4123341032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir
kritis dan hasil belajar siswa dan hubungan berpikir kritis dengan hasil belajar
biologi siswa (ekosistem) kelas X IPA MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran
2015/2016. Populasinya seluruh siswa kelas X IPA MAN 1 Medan Tahun
Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 390 orang. Sampel ditentukan dengan
Purposive Sampling, dimana sampel berjumlah 40 orang. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan instrumen
(kuesioner) sebanyak 31 butir angket berpikir kritis sedangkan 36 butir angket
hasil belajar sebagai alat pengumpul data penelitian dan. Dari hasil pengolahan
data berpikir kritis siswa lebih dominan pada kategori cukup yaitu pada batasan
rentangan 61–76 sebanyak 22 siswa (55%) dan hasil belajar siswa juga
dikategorikan cenderung cukup dengan batasan rentangan 62–77 sebanyak 19
siswa (47,5%). Dari uji persyaratan data diketahui bahwa terdapat hubungan yang
signifikan positif antara berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa, adanya
korelasi tetapi tergolong rendah yang ditunjukkan melalui persentase koefisien
korelasi dimana persentase kontribusi sebesar 0,014% untuk berpikir kritis dengan
hasil belajar biologi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 161 |
Keywords: | Berpikir Kritis; Hasil Belajar; Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 03:20 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20680 |