PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI KELAS X SMA SWASTA ESA PRAKARSA SELESAI KABUPATEN LANGKAT T.A 2016/2017

Anggraeni, Suci (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI KELAS X SMA SWASTA ESA PRAKARSA SELESAI KABUPATEN LANGKAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Nim 4123141091 Cover.pdf]
Preview
Text
1. Nim 4123141091 Cover.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. Nim 4123141091 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Nim 4123141091 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 3.  Nim 4123141091 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. Nim 4123141091 Abstrak.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 4.  Nim 4123141091 Kata Pengantar .pdf]
Preview
Text
4. Nim 4123141091 Kata Pengantar .pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 5. Nim 4123141091 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Nim 4123141091 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 6. Nim 4123141091 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
6. Nim 4123141091 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. Nim 4123141091 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
7. Nim 4123141091 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 8. Nim 4123141091 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. Nim 4123141091 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 9. Nim 4123141091 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. Nim 4123141091 BAB I.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 13. Nim 4123141091 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. Nim 4123141091 BAB V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 14. Nim 4123141091 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14. Nim 4123141091 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SMA Swasta Esa Prakarsa Selesai
Kabupaten Langkat ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil
belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-
Share (TPS) dan Numbered Head Together (NHT). Jenis Penelitian Yang
Digunakan Adalah Eksperimen Dengan Memberikan Perlakuan Kepada Kedua
Kelompok Sampel Penelitian. Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah Seluruh
Siswa Kelas X SMA Swasta Esa Prakarsa Selesai Kabupaten Langkat yaitu
sebanyak 2 kelas dengan rata-rata jumlah siswa 30 orang. Sampel penelitian
diambil dua kelas yang yaitu Sampel Total, yaitu Kelas Eksperimen I dan Kelas
Eksperimen II masing-masing sebanyak 30 siswa.Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu untuk soal postes
sebanyak 20 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel.
Sebelum pengujian hipótesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes.
Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan
menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua
sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I
diperoleh rata-rata postes sebesar 74 ± 10,859. Sedangkan hasil belajar siswa
kelas Eksperimen II rata-rata postes sebesar 68,17 ± 9,51. Hasil penelitian
diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa dmenggunakan Think-Pair-Share
(TPS) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Numbered Head
Together (NHT). dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu
2,22 > 2,002 pada taraf   0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BIO 203
Keywords: Hasil Belajar; Thing-Pair-Share ; Model Pembelajaran Kooperatif; Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QL Zoology > QL799 Morphology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Oct 2016 02:39
Last Modified: 19 Oct 2016 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20674

Actions (login required)

View Item
View Item