Agustina, Enny (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS LEMBAR KERJA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 4123341014 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2.NIM. 4123341014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
3.NIM.4123341014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4.NIM.4123341014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 4123341014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 4123341014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4123341014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 4123341014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 4123341014 BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
13. NIM. 4123341014 BAB V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. NIM. 4123341014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran berbasis
lembar kerja (LK) dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi. Penelitian
ini juga bertujuan untuk memperoleh data hasil belajar siswa dalam aspek kognitif,
psikomotorik, dan afektif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan dilaksanakan
dalam 2 kali pertemuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar
siswa dalam aspek kognitif yang diambil dari pemberian test pada akhir pembelajaran
sebanyak 25 soal, dalam aspek afektif diambil dengan cara observasi oleh 2 orang
observer, sedangkan aspek psikomotorik diambil dengan cara melakukan kerja ilmiah.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dalam aspek
kognitif yaitu 83.93 dengan kualifikasi baik. Dalam aspek psikomotorik, nilai rata-rata
yaitu 81.25 dengan kualifikasi baik. Dan pada aspek afektif, nilai rata-rata yaitu 79.00
dengan kualifikasi cukup. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi pembelajaran
berbasis lembar kerja dengan pendekatan saintifik sangat baik digunakan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan pada pembelajaran
biologi dengan materi pencemaran lingkungan tahun pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 164 |
Keywords: | Pendekatan Saintifik; Pencemaran Lingkungan; Lembar Kerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 01:26 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 01:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20666 |