Siburian, Dina M. (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MAKE A MATCH (MAM)PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA N 1 PARANGINAN KEC. PARANGINAN KAB. HUMBAHAS TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123341013 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4123341013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
3. NIM 4123341013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM 4123341013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 4123341013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 4123341013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4123341013 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4123341013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM 4123341013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
13. NIM 4123341013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 4123341013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) dengan Make a Match (MaM) pada materi ekosistem di kelas X SMA N 1 Paranginan Kec. Paranginan Kab. Humbahas Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di kelas X-A berjumlah 31 orang, menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas X-B berjumlah 32 orang, menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (MaM),sehingga total sampel 63 siswa. Untuk mengetahui hipotesis yang dirumuskan, digunakan uji statistik t. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata posteskelas Think Pair Share (TPS) sebesar 80,108dan nilai rata-rata postes kelas Make a Match (MaM) sebesar75,208. Rata-rata skor aktivitas siswa kelas ekperimen I (TPS) mulai dari pertemuan 1 sampai 4 adalah 70,215%, sedangkan rata-rata skor aktivitas siswa kelas ekperimen I (MaM) mulai dari pertemuan 1 sampai 4 adalah 66,793%. Dengan demikian hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (MaM). Uji hipotesis menunjukkan thitung= 3,478 dengan α=0,05 dan ttabelpada dk = 61 dan α =0,05 adalah 1,99. Oleh karena thitung> ttabel maka hipotesis Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Make a Match (MaM) pada materi ekosistem di kelas X SMA N 1 Paranginan Kec. Paranginan Kab. Humbahas Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 143 |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Siswa; Think Pair Share |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 09:07 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 09:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20655 |