Manalu, Adelya I. (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM YANGDIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE MAKE A MATCH DI KELAS X SMA NEGERI 1 PARMONANGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 4123141002_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
NIM 4123141002_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
NIM. 4123141002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
NIM. 4123141002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
NIM. 4123141002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
NIM. 4123141002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
NIM. 4123141002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
NIM. 4123141002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
NIM. 4123141002_BAB I.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
NIM. 4123141002_BAB V.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
NIM. 4123141002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar
biologi yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head
Together (NHT) dengan tipe Make A Match (MAM) di Kelas X SMA Negeri 1
Parmonangan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah
eksperimen dengan desain penelitian yaitu pretest dan postest, sebagai populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Parmonangan
Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 2 kelas yaitu 41 siswa. Sampel
dalam penelitian ini adalah sampel total, terdiri dari dua kelas yaitu X1 kelas
eksperimen Numbered Head Together (NHT) dengan jumlah 20 siswa dan X2
kelas eksperimen Make A Match (MAM) berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes untuk kelas eksperimen Numbered
Head Together (NHT) lebih tinggi yakni 82,8 dibandingkan dengan kelas yang
menggunakan Make A Match (MAM) yakni 76,2. Dari hasil pengujian hipotesis
thitung sebesar 2,057 dibandingkan dengan harga ttabel dengan uji dua pihak dimana
dk = n1 + n2 - 2 = 39 untuk taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,057 > 2,022)
yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan hasil belajar biologi pada materi Ekosistem dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
dengan tipe Make a Match (MAM) di Kelas X SMA Negeri 1 Parmonangan
Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 133 |
Keywords: | Model Numbered Head Together; Model Make a Match; Hasil Belajar Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 08:14 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20648 |