Siregar, Ivan Fernando (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123141044 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. NIM 4123141044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
3. 4123141044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. NIM 4123141044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM 4123141044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM 4123141044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. NIM 4123141044 TABLES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM 4123141044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. NIM 4123141044 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
13. NIM 4123141044 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14. NIM 4123141044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang
diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan
Teams Games Tournament pada materi pokok sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 8
Medan T.P 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen
semu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA2 menggunakan
metode Tipe Numbered Head Together dan kelas XI IPA4 menggunakan metode Teams
Games Tournament, masing-masing kelas berjumlah 44 siswa dan 40 siswa. Hasil analisis
data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan metode Teams Games
Tournament ( ) = 75,58 dengan nilai standar deviasi (SD) = 9,629 lebih baik dari rata-rata
hasil belajar siswa menggunakan metode Tipe Numbered Head Together ( ) = 70,20 dengan
nilai standar deviasi (SD) = 11,053. Untuk aspek aktivitas siswa pada kelas NHT (Numbered
Head Together) diperoleh nilai aktivitas siswa sebesar 70,35 diklasifikasikan dalam katagori
cukup aktif dengan nilai standar deviasi (SD) sebesar 9,121, sedangkan nilai aktivitas siswa
pada kelas eksperimen TGT sebesar 74,84 diklasifikasikan dalam katagori cukup aktif
dengan nilai standar deviasi (SD) sebesar 8,755. Hasil hipotesis hasil belajar dengan
menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,08 > 1,66)
sehingga dalam penelitian ini hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima,
hasil hipotesis aktivitas siswa dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel (1,76 > 1,66)
maka Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada
perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Tipe Numbered Head Together
dan Teams Games Tournament dan ada perbedaan aktivitas siswa dengan menggunakan
metode Tipe Numbered Head Together dan Teams Games Tournament pada materi pokok
sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 8 Medan T.P 2015/2016 T.P 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 144 |
Keywords: | Numbered Head Together; Teams Games Tournament ; Sistem Reproduksi Manusia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 06:41 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20627 |