Siagian, Hana Daforosa R. (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 12 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01_NIM.4123321021_COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
02_NIM.4123321021_APPROVAL.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
03_NIM.4123321021_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
04_NIM.4123321021_PREFACE.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
05_NIM.4123321021_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
06_NIM.4123321021_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
07_NIM.4123321021_TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
08_NIM.4123321021_APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
09_NIM.4123321021_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
13_NIM.4123321021_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14_NIM.4123321021_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 12 Medan T.P. 2015/2016.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 12 Medan yang berjumlah 360 siswa yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-2 (sebagai kelas eksperimen) yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas X-4 (sebagai kelas kontrol) yang diberi perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Data penelitian ada dua macam yaitu dalam bentuk hasil belajar dan observasi aktivitas siswa. Data hasil belajar siswa yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 15 soal dengan lima option jawaban yang sebelumnnya telah divalidasi.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 42,46 dan kelas kontrol adalah 43,89, setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 77,02 dan kelas kontrol 68,15. Pada proses pembelajaran inkuiri terbimbing berlangsung dilakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa, dimana hasilnya dikategorikan aktif sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel, hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 12 Medan T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 152 |
Keywords: | Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry); Hasil Belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 08:19 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20611 |