Pasaribu, Fitrah Yani (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA AL-ULUM MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4121121014 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4121121014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
3. NIM. 4121121014 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM. 4121121014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM. 4121121014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 4121121014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM. 4121121014 TABLE.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. NIM. 4121121014 APPENDDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 4121121014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
13. NIM. 4121121014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 4121121014 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X semester II pada materi Suhu dan Kalor di SMA Swasta Al-ulum Medan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Al-ulum Medan T.P. 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas sampel yaitu kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes kemampuan pemecahan masalah yakni tes uraian yang terdiri dari 10 item yang telah divalid kan oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians satu jalur. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model problem based learningdan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 67,60 dan kelas kontrol 54,81. Hasil penelitian diperoleh dari perhitungan ANAVA 1x1 dengan menggunakan SPSS 16.0 diperoleh taraf signifikan 0,000 dimana nilai ini lebih kecil dari signifikan diperoleh sebesar 0,05 dengan Fhitung > Ftabel yaitu 19.153 > 3,96, Maka Ho ditolak Ha diterima dengan kata lain bahwa kemampuan pemecahan masalah menunjukan model problem based learning di kelas eksperimen lebih baik dibadingkan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol, berarti ada pengaruh yang signifikan dengan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X semester II pada materi pokok Suhu dan Kalor di SMA Swasta Al-ulum Medan T.P. 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 132 |
Keywords: | Problem based learning; Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 07:54 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20606 |