Briana, Juli (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK SUHUDAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01_NIM.4123121030_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
02_NIM.4123121030_APPROVAL.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
03_NIM.4123121030_ABTRACT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
04_NIM.4123121030_PREFACE.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
05_NIM.4123121030_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
07_NIM.4123121030_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
08_NIM.4123121030_APPENDICES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
09_NIM.4123121030_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
13_NIM.4123121030_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
14_NIM.4123121030_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 14 Medan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, kelas X-3 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model problem based learning dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk essai sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid.
Dari hasil penelitian diperoleh, diperoleh nilai rata – rata pretes kelas eksperimen 21,40 dengan standar deviasi 6,91 dan pada kelas kontrol sebesar 20,00 dengan standar deviasi 5,77. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah setara. Kemudian diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan model problem based learning sedangkan kelas kontrol diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, diberikan postes dan diperoleh nilai rata –rata kelas eksperimen 43,51 dengan standar deviasi 5,83, dan kelas kontrol 42,57 dengan standar deviasi 4,82. Melalui pengujian statistik menggunakan uji-t satu pihak dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P.2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 117 |
Keywords: | Model Problem Based Learning; Kemampuan pemecahan masalah; Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 07:25 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20598 |