Sinaga, Dulas Oklana (2016) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI SMA NEGERI 6 BINJAI T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123321016 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2.4123321016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4. 4123321016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
5. 4123321016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. 4123321016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. 4123321016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. 4123321016 TABLE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. 4123321016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
10. 4123321016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
14. 4123321016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15. 4123321016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
3. 4123321016 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 6 Binjai. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 dari 6 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen dan kontrol masing-masing X-2 dan X-6. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model project based learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data hasil belajar dalam penelitian, digunakan tes uraian berjumlah 10 item yang telah divalidkan. Untuk memperoleh data aktivitas siswa, digunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 46,70 dan 46,58. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model project based learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan, nilai rata-rata postes kelas eksperimen dan kontrol masing masing sebesar 58,38 dan 54,00. Hasil uji t diperoleh thitung = 1,7686 dan ttabel = 1.67 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima. Rata-rata aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung sebesar 59,41 tergolong aktif dan meningkat disetiap pertemuan. Hasil ini menggambarkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model project based learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X semester II pada materi listrik dinamis di SMA Negeri 6 Binjai T.P. 2015/2016. Kesimpulan yang di dapat adalah penggunaan model project based learning hasil belajarnya lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | sk-2016 FIS 124 |
Keywords: | Model Project Based Learning; Hasil belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 07:18 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20597 |