Aldila, Sitty Sugma (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG PURA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123121072 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 41213121072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3. NIM. 41213121072 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 41213121072 PREFACE.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
5. NIM.4123121072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 4123121072 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 4123121072 TABLE.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
8. NIM. 4123121072 APPENDDICES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. NIM. 4123121072 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
13. NIM. 41213121072 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 4123121072 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi Fluida Dinamis di kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Pura T.A2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XIMIA SMA Negeri 1 Tanjung Pura. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara classterrandom sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas Kontrol yang sama-sama berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar berbentuk essay tes dengan jumlah 10 soal yang sudah yang telah di uji secara validitas ramalan ke sekolah lain.Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah memiliki peningkatan yang lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diterapkan oleh pembelajaran konvensional pada materi fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Tanjung PuraT.A2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 141 |
Keywords: | Quasi Eksperimen; Pembelajaran Berbasis Masalah; Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 04:37 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20584 |