Tamba, Royarti (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 KUALUH LEIDONG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. Royarti Tamba 4123321047 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
02. Royarti Tamba 4123321047 APPROVAL SHETT .pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
03. Royarti Tamba 4123321047 ABSTRAC ID revisi .pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
04. Royarti Tamba 4123321047 PREFACE .pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
05. Royarti Tamba 4123321047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
06. Royarti Tamba 4123321047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
07. Royarti Tamba 4123321047 TABLES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
08. Royarti Tamba 4123321047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
09. Royarti Tamba 4123321047 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
13. Royarti Tamba 4123321047 CHAPTER V .pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
14. Royarti Tamba 4123321047 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Leidong T.A 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Leidong T.A 2015/2016 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar yang berbentuk essay test dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran berbasis masalah adalah 67,82 dan dengan pembelajaran konvensional adalah 59,52. Peningkatan aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dari pertemuan I sampai III dengan rata- rata nilai seluruhnya adalah 62,07 dengan kriteria penilaian aktif. Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji t, terdapat perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Kualuh Leidong T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 137 |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah; hasil belajar; peningkatan aktivitas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 04:33 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20583 |