Sinaga, Taufik Mawardi (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PERBAUNGAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123321052 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4123321052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4. NIM 4123321052 ABSRACK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. NIM 4123321052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM 4123321052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
7. NIM 4123321052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM4123321052 TABLES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM 4123321052 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
10. NIM 4123321052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
14. NIM 4123321052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
3. NIM 4123321052 BIOGRPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya di kelas VIII SMP Negeri 2 Perbaungan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Perbaungan terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII-4 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII-1 (sebagai kelas kontrol) yang sama-sama berjumlah 32 siswa ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model problem based learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, dengan jumlah soal 10 item berbentuk essay.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 23,83 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 24,22. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,36 dan kelas kontrol 68,75. Dari hasil uji t diperoleh thitung =2,1146 sedangkan ttabel = 1,6697. Karena thitung> ttabel (2,1146>1,6697) maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya di kelas VIII SMP Negeri 2 Perbaungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 126 |
Keywords: | Problem Based Learning; Hasil Belajar; Cahaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC474 Radiation physics (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 04:20 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20580 |