Rivianda, Alvi Syahri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TEKANAN DIKELAS VIII SEMESTER GENAP SMP YP. SATRIA DHARMA PERBAUNGAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 409321003_COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 409321003_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. NIM. 409321003_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 409321003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 409321003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 409321003_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. NIM. 409321003_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 409321003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 409321003_BAB I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13. NIM. 409321003_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 409321003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok
Tekanan Di Kelas VIII Semester Genap SMP YP. Satria Dharma Perbaungan T.P
2015/2016
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian
adalah seluruh siswa kelas VIII Semester genap SMP Y.P Satria Dharma
Perbaungan yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel
dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas VIII-1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas berjumlah 60
orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes
hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 45,33
dan nilai rata-rata kelas kontrol 42,83. Kemudian diberikan perlakuan yang
berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learrning
(PBL) dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah
pembelajaran selesai diberikan diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas
eksperimen 71 dan kelas kontrol 63,66. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,94 dan
ttabel = 1,671, sehingga thitung> ttabel (2,94 >1,671) maka Ha diterima, dengan
demikian diperoleh ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa
dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada
Materi Pokok Tekanan Di Kelas VIII Semester Genap SMP YP. Satria Dharma
Perbaungan T.P 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 134 |
Keywords: | Model Problem Based Learning ; Konvensional; Hasil belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 02:53 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20562 |