Riza, Dody Faisal (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BUNYI KELAS VIII SEMESTER II SMP N 1 SIPISPIS T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 409321017_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 409321017_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3. NIM. 409321017_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. NIM. 409321017_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
5. NIM. 409321017_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 409321017_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 409321017_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 409321017_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 409321017_BAB I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. NIM. 409321017_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 409321017_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournamen) terhadap hasil belajar siswa pada
materi pokok Bunyi di kelas VIII Semester II di SMP Negeri 1 Sipispis.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Sipispis T.A 2015/2016
yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random
sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes hasil belajar berjumlah 20 soal
dalam bentuk pilihan berganda.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen
adalah 55,625 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 54,843. Setelah dilakukan
uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan
kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian statistik
diperoleh bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah setara. Kemudian diberikan
perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif
Tipe Teams game tournamen dan kelas kontrol dengan model pembelajaran
konvensional. Data postest yang diperoleh yaitu hasil rata-rata kelas eksperimen
80.625 dan kelas kontrol 74,2188 Hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf
signifikan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa
menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournamen
(TGT) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada
materi pokok Bunyi kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Sipispis T.A.
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 143 |
Keywords: | Model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Game Tournamen;Hasil Belajar;Bunyi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 02:46 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20561 |