Gustari,, Putri (2016) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7103220054 COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
2. NIM 7103220054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
3. NIM 7103220054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM 7103220054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM 7103220054 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM 7103220054 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7103220054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7103220054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9.NIM 7103220054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
13. NIM 7103220054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM 7103220054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini apakah pengungkapan Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh perusahaan memiliki dampak positif dan mampu meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan Return On Equity (ROE) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Perusahaan yang menjadi populasi dari penelitian adalah sebanyak 142 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI, selanjutnya dipilih 89 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling sebagai sampel penelitian.
Berdasarkan hasil uji statistik F yang dilakukan, diketahui bahwa nilai F adalah sebesar 34,890 dengan tingkat signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa secara simultan Corporate Social Responsibility berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan Leverage, Growth Opportunity dan Size sebagai variabel Kontrol. Artinya semakin tinggi dan luas pengungkapan Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh perusahaan maka akan semakin meningkat pula kinerja keuangan perusahaan yang diproksikan oleh Return On Equity. Hasil penelitian ini mendukung signal theory yang menyatakan bahwa perusahaan memberikan sinyal-sinyal kepada pihak luar perusahaan dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini juga mendukung teori stakeholder yang menyatakan bahwa perusahaan tidak hanya beroperasi untuk kepentingan perusahaan semata namun juga memberikan manfaat bagi stakeholder seperti pemerintah, masyarakat, masyarakat, analis, dll.
Kesimpulan dari hasil penelitian menyatakan bahwa hipotesis diterima. Corporate Social Responsibility memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan Return on Equity (ROE) dengan Leverage, Growth Opportunity dan Size sebagai variabel Kontrol
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 160 |
Keywords: | Corporate Social Responsibility; Return on Equity; Leverage |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG201 Money H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9103 Local finance. Municipal finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Oct 2016 01:40 |
Last Modified: | 15 Oct 2016 01:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20552 |