Napitupulu, Widya Novaline (2016) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN METODE PEMBELAJARAN SYNDICATE GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123342041. COVER.pdf..pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM 7123342041. APPROVAL SHEET. pdf.pdf - Published Version
Download (951kB) | Preview
8. NIM. 7123342041. ABSTRACT. pdf..pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
3. NIM. 7123342041 KATA PENGANTAR.pdf.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 7123342041 TABLE OF CONTENT. pdf.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 7123342041. TABLES. pdf.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 7123342041. ILLUSTRATION. pdf.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 7123342041. APENDICES. pdf.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM. 7123342041. CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
13. NIM. 7123342041. CHAPTER V. pdf.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
14. NIM. 7123342041. BIBLIOGRAPHY. pdf.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasilbelajarsiswa yang diajardengan
Model PembelajaranKonvensionaldan Model Pembelajaran Student Facilitator and
ExplainingdenganmetodeSyndicate Group Terhadap Hasil Belajar AkuntansiSiswadi
kelas XI SMK Negeri 6 Medan T.P.2016/2017 sertaadakah perbedaan hasil belajar
siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Konvensional dengan Model
Pembelajaran Student Facilitator and ExplainingdenganmetodeSyndicate
GroupTerhadap Hasil Belajar AkuntansiSiswadi kelas XI SMK Negeri 6 Medan
T.P.2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKNegeri 6
Medan yang terdiri dari 3 kelas paralel. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas XI
AK 2 sebagai kelas eksperimen dan XI AK 3 sebagai kelas kontrol yang masingmasing
terdiri dari 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan secara
purposive sampling. Sebagai alat pengumpul dalam penelitian ini digunakan tes pilihan
berganda. Tes yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari buku Seri Pendalaman
Materi Akuntansi untuk SMK dan SMK karya Diana Sinta, Dewi Syaraswati dan
Emmy Ratmawaty yang diterbitkan oleh penerbitan erlangga dengan ISBN (13) 978-
602-001-0.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 38,33 dan
kelas kontrol adalah 38,0, kemudian setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu
Model Pembelajaran Student Facilitator and ExplainingdenganmetodeSyndicate
Grouppada kelas eksperimen dan Model Pembelajaran Konvensional pada kelas kontrol
maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 83,83 dan kelas kontrol
68,87. Ini berarti ada pengaruh model pembelajaran tersebut. Dari hasil uji t diperoleh
thitung6,0737sedangkan ttabel = 2,570 karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan ada
pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and
ExplainingdenganmetodeSyndicate Group Terhadap Hasil Belajar AkuntansiSiswadi
kelas XI SMK Negeri 6 Medan T.P.2016/2017. Dari data yang diperoleh maka ada
pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and
ExplainingdenganmetodeSyndicate Group Terhadap Hasil Belajar Siswa
AkuntansiSiswadi kelas XI SMK Negeri 6 Medan T.P.2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 170 |
Keywords: | Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining; Syndicate Group; Hasilbelajar |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Oct 2016 08:38 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20543 |